Search :
POLLING
Mampukah Kualitas Pendidikan Indonesia Menyamai Kualitas Pendiidikan di Jepang

Online News

Islamic Village: Perkampungan Islami !

Mau ngelanjutin sekolah di tempat yang suasana Islaminya kental? Nah coba aja di Islamic Village. Kompleks yang lengkap ini ditanggung bakal menjadikan kamu-kamu insan yang cerdas sekaligus memiliki ketakwaan dan akhlak mulia!

Yayasan Islamic Village didirikan oleh H. Junan Helmy Nasution pada tanggal 17 Agustus 1972, Proyek tunggal Yayasan Islamic Village adalah membangun Islamic Village itu sendiri. Yakni mewujudkan sebuah perkampungan/hunian yang tegak di atas nilai-nilai Islam, yang lengkap dengan semua fasilitas pendukung, mulai dari tempat melahirkan, pengasuhan, pendidikan, usaha, sampai tempat pemakaman. Tujuan utama Yayasan Islamic Village adalah mewujudkan masyarakat yang sejahtera lahir batin dan selamat dunia-akhirat di bawah naungan ridha Allah SWT.

Tidak hanya pendidikan
Islamic Village memiliki tujuan ini dijabarkan dalam tiga bidang yaitu; Bidang Sosial yang diwujudkan dalam bentuk memberikan asuhan dan santunan bagi anak-anak yatim, piatu, yatim-piatu, terlantar dan bayi terbuang, cacat fisik dan mental, serta manula; Bidang Pendidikan, mewujudkan sebuah gerbang ilmu yang memberikan pelayanan di bidang pendidikan, mulai jenjang pendidikan dasar, menengah dan tinggi, lengkap dengan fasilitas penunjangnya; dan Bidang Pemukiman/Hunian, yang diwujudkan dengan membangun sebuah pemukiman yang bernuansa Islami. Konsep pemukiman yang tidak hanya tempat berkumpul dan berinteraksi antar keluarga. Bahkan setiap keluarga yang tinggal di sini diwajibkan untuk menyediakan tempat untuk mengasuh dan mendidik setidaknya satu orang anak yatim! Benar-benar luar biasa.

Program di bidang pendidikan di arahkan bagi terwujudnya insan-insan muslim yang beriman-takwa, berilmu pengetahuan-teknologi dan berakhlak mulia. Untuk itu, telah dirumuskan apa yang disebut dengan Pendidikan Islamic Village, yang mengacu kepada tiga prinsip (trilogi) dasar:
a. orientasi Islam (islamic orientation) dalam semua aspek kehidupan
b. disiplin yang tinggi
c. akhlak mulia (akhlaqul karimah)

Kurikulum Khusus
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka kurikulum pendidikan Islamic Village menerapkan Kurikulum-Plus, yakni perpaduan Kurikulum yang dikeluarkan oleh Depdikbud, dengan kurikulum khusus yang dikeluarkan oleh Bidang Pendidikan Yayasan Islamic Village. Kurikulum khusus adalah kurikulum dengan bobot pendidikan agama yang dominan. Salah satu diantaranya adalah menjadikan shalat Zhuhur berjamaah sebagai kurikulum (plus) wajib untuk seluruh siswa/mahasiswa pagi (shalat berjamaah Ashar untuk siswa/mahasiswa sore). Sampai saat ini jenjang pendidikan yang telah dibuka adalah:

1. Pendidikan Dasar dan Menengah : TK, SD, SLTP, SMU dan SMK/SMEA
2. Pendidikan Tinggi : Akademi Keperawatan (AKPER/D3), Pendidikan Sekretaris (D1/D2), dan Pendidikan Guru TK (BPGTK/D2)

Fasilitas Penunjang
Untuk menunjang agar proses pendidikan di semua jenjang berjalan dengan lancar, maka saat ini telah dibangun fasilitas pendidikan beserta fasilitas pendukungnya. Di antaranya:

1. Gedung Taman Kanak-kanak (10 ruang kelas), lengkap dengan fasilitas tempat bermain dan kolam renang
2. Gedung SD (35 ruang kelas)
3. Gedung SLTP/SMU/SMK (20 ruang kelas/digunakan pagi-sore)
4. Fasilitas penunjang pendidikan seperti masjid (kapasitas 5000 jamaah), perpustakaan, laboratorium (Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa dan Komputer), fasilitas oleh raga, kesenian (Drum Band), Kantin, Bank, Kantor Pos, dan lain-lain.
5. Gedung Pendidikan Tinggi (AKPER dan Pendidikan Sekretaris), lengkap dengan laboratorium keperawatan, Lab. Kesekretarisan, dan perpustakaan.
6. Asrama Pelajar
7. Sarana Angkutan Pelajar

Jumlah siswa dan mahasiswa secara keseluruhan kurang lebih 3000 orang, yang didudukung oleh tenaga guru sebanyak 250 orang, dan tenaga staf sebanyak 100 orang. Seluruh jenjang pendidikan Dasar dan Menengah telah berstatus DISAMAKAN.
Online News
Info
09/01/2006 10:32
Tuntutan adanya peningkatan kualitas pendidikan nasional sudah tidak dapat dielakkan lagi sehingga kegiatan pendidikan baik formal, non-formal maupun informal perlu ditangani secara lebih profesional.
Wawasan
07/01/2006 04:03
Yayasan Islamic Village didirikan oleh H. Junan Helmy Nasution pada tanggal 17 Agustus 1972, Proyek tunggal Yayasan Islamic Village adalah membangun Islamic Village itu sendiri. Yakni mewujudkan sebuah perkampungan/hunian yang tegak di atas nilai-nilai Is